Berita Populer

Kejaksaan Agung Kembalikan Berkas Pencurian Pulsa
Posted By Admin | 2012-11-07 09:11:00

Tim jaksa peneliti Kejaksaan Agung untuk keenam kalinya mengembalikan berkas perkara pencurian pulsa ke penyidik Bareskrim Mabes Polri, dan ironisnya hampir setahun berkas itu di proses penyidik polri....

Kegiatan

Sosialisasi BPJS Kesehatan tanggal 12 Februari 2014
Posted By Admin | 2014-02-18 09:41:22
Sosialisasi BPJS Kesehatan tanggal 12 Februari 2014 di Aula Kantor Komisi Kejaksaan RI yang dihadiri Komisioner dan Sekretariat KKRI

Informasi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis, tanggal 10 Maret 2011, melantik anggota Komisi Kejaksaan Republik Indonesia di Istana Negara.

  • Selamat Datang di Website Komisi Kejaksaan Republik Indonesia | Jl. Rambai No. 1A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
 

Sekilas Komisi Kejaksaan Republik Indonesia

Dalam rangka meningkatkan peran Komisi Kejaksaan  sesuai dengan amanat Pasal 38 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Repulik Indonesia,  Peraturan Presiden Nomor 18  Tahun 2005 tentang Komisi Kejaksaan Republik Indonesia dipandang sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan, sehingga  perlu di sempurnakan.

Peraturan Presiden Nomor 18 tahun 2011 sebagai penyempurnaan Peraturan Presiden Nomor 18  Tahun 2005 menetapkan Komisi Kejaksaan  bertugas melakukan pengawasan, pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan perilaku Jaksa dan/atau  Pegawai Kejaksaan dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya sesuai peraturan perundang-undangan,  kode etik, baik  di dalam maupun di luar tugas kedinasan, dan  juga melakukan pemantauan dan penilaian atas kondisi organisasi, tata kerja, kelengkapan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia di lingkungan Kejaksaan.

Komisi Kejaksaan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2011 memiliki perluasan wewenang dalam menangani laporan pengaduan dari masyarakat, yaitu selain dapat mengambil alih permeriksaan,  juga berwenang  melakukan pemeriksaan ulang atau pemeriksaan tambahan atas pemeriksaan yang telah dilakukan oleh aparat pengawas internal  Kejaksaan apabila ada bukti atau informasi baru yang dalam pemeriksaan sebelumnya belum diklarifikasi dan/atau memerlukan klarifikasi lebih lanjut, atau pemeriksaan oleh aparat pengawas internal Kejaksaan tidak dikoordinasikan sebelumnya dengan Komisi Kejaksaan. Komisi Kejaksaan juga berwenang mengusulkan pembentukan Majelis Kode Perilaku Jaksa.

Komisi Kejaksaan dapat mengambil alih pemeriksaan apabila pemeriksaan oleh aparat pengawas internal Kejaksaan tidak menunjukkan kesungguhan  atau belum menunjukkan hasil nyata dalam waktu 3 (tiga) bulan sejak laporan masyarakat atau laporan Komisi Kejaksaan diserahkan ke aparat pengawas internal Kejaksaan, atau apabila diduga terjadi kolusi dalam pemeriksaan oleh aparat internal Kejaksaan. Hasil pemeriksaan dimaksud disampaikan kepada Jaksa Agung dalam bentukrekomendasi Komisi Kejaksaan untuk ditindak lanjuti. Apabila rekomendasi tersebut tidak ditindaklanjuti atau pelaksanaannya tidak sesuai rekomendasi, Komisi Kejaksaan dapat melaporkannya kepada Presiden.

Siaran Pers

Opini

Media Internet

Kejati Akan Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi KONI Surabaya Senin Lusa
Posted By Admin | 2014-03-08 13:54:00

Surabaya - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur akan menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi penyelewengan sisa dana hibah Pemkot Surabaya di KONI Surabaya................

 

Kejaksaan Tahan Manajer PLN Belawan dalam Kasus Flame Turbine
Posted By Admin | 01 January 1970

Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) menahan Manajer PLN Belawan sektor Labuan Angin, Surya Dharma Sinaga yang merupakan salah satu dari lima tersangka dugaan tindak pidana korupsi Pengadaan Life Time Ekstention Flame Turbine GT 21 dan GT 22 di Belawan, Medan, Sumatera Utara...............

 
Profil Anggota Komisi
Profil Anggota Komisi

Profil para anggota Komisi Kejaksaan Republik Indonesia dapat anda ketahui pada bagian ini. Klik bagian ini untuk mendapatkan informasi profil anggota lebih lanjut.

Tata Cara Pengaduan
Tata Cara Pengaduan

Bagaimana kami mengadukan laporan kepada Komisi Kejaksaan Republik Indonesia? Bagian ini memuat bagaimana cara dan tata cara pelaporan pengaduan.

Penanganan Laporan
Penanganan Laporan

Laporan-laporan yang masuk ke Komisi Kejaksaan Republik Indonesia dan telah diproses dapat anda ketahui pada bagian ini. Klik untuk informasi mengenai Penanganan Laporan.

Kontak Kami
Kontak Kami

Bagaimana cara kontak kami, anda dapat langsung menghubungi kami. Penjelasan detail mengenai hal tersebut ada pada bagian ini. Silahkan baca bagian Kontak Kami.