Ketua Komjak: Untung Sosok yang Tepat Sebagai Wakil Jaksa Agung

HARIAN PELITA JAKARTA–Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak mengatakan, pengangkatan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Setia Untung Arimuladi oleh Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Jaksa Agung definitif sangat tepat.

“Selamat atas pengangkatan Pak Untung. Beliau sosok jaksa karir sangat tepat untuk menduduki jabatan sebagai Wakil Jaksa Agung,” kata Barita, Kamis (29/04/2020).

Dia menyebutkan Untung tepat dipilih menggantikan almarhum Arminsyah, karena profesional sebagai jaksa serta memiliki pengalaman sangat luas dan mumpuni, baik dalam tugas teknis maupun non teknis.

“Kompetensi ini sangat diperlukan dalam tugas sebagai Wakil Jaksa Agung. Apalagi beliau meniti karir dari bawah,” tutur Barita.

Dikatakannya dengan track record pernah menjadi Kajati Riau dan Jawa Barat, Kabiro Umum kemudian Kapuspenkum menunjukkan sebagian tugas dari Wakil Jaksa Agung sudah dikerjakannya.

“Artinya dari sudut kapasitas beliau sudah tepat dan tidak butuh waktu lama untuk penyesuaian. Sehingga kinerja dalam tugas sebagai Wakil Jaksa bisa langsung jalan dan sukses melanjutkan apa yang sudah dicapai almarhum Pak Arminsyah,” tuturnya.

Barita pun menitipkan beberapa harapan dari Komisi Kejaksaan yang perlu menjadi perhatian Untung sebagai Wakil Jaksa Agung dan Ketua Tim Pengarah Reformasi Birokrasi Kejaksaan.

Pertama, Komisi Kejaksaan mengharapkan Reformasi Birokrasi melalui implementasi konkrit dan konsisten terhadap WBK dan WBBM menjadi prioritas bahkan bisa meningkat teristimewa dampaknya bagi peningkatan public trust Kejaksaan.

Kedua, pembenahan Perencanaan berbasis dukungan tugas pokok Kejaksaan dan dukungan anggaran yang memadai dalam melaksanakan semua tugas pokok Jaksa.

Ketiga, Penataan sistem akuntabiltas Keuangan berbasis kinerja dan anggaran yang transparan dan efektif.

Ke empat modernisasi sarana prasarana Kejaksaan dalam menjalankan tugas pokok khususnya sarana IT dan ke lima peningkatan kualitas Diklat.

“Lima hal penting inilah yang saya kira perlu mendapatkan perhatian khusus beliau,” kata alumnus Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara ini.

Kepala Badiklat Kejaksaan Setia Untung Arimuladi yang sukses membawa Badiklat Kejaksaan memperoleh predikat WBK dan WBBM diangkat sebagai Wakil Jaksa Agung berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 76/TPA Tahun 2020 tanggal 27 April 2020.

Berdasarkan Keppres yang sama juga diangkat pengganti Untung yaitu Tony Tubagus Spontana sebagai Kepala Badiklat Kejaksaan dan Fadil Zumhana sebagai Staf Ahli Jaksa Agung bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Rencananya Jaksa Agung ST Burhanudddin akan melantik ketiganya pada Senin (04/05/2020) pekan depan. (Red/did)

sumber: harianpelita.id

Avatar
About the author

Leave a Reply

four × four =