Komisi Kejaksaan RI Bahas Monitoring Triwulan I

Komisi Kejaksaan RI Bahas Monitoing Triwulan I

Komisi Kejaksaan RI-Sembilan anggota Komisi Kejaksaan RI membahas hasil monitoring yang telah dilakukan dalam kunjungan daerah ke empat Kejaksaan Tinggi yaitu, Kejati DI Yogyakarta, Kejati DI Aceh, Kejati Sumatera Utara dan Kejaksaan Tinggi Jambi pada Rabu-Jumat (20-22 Maret 2024). Kunjungan kerja tersebut memonitor hasil rekomendasi Komisi Kejaksaan RI atas laporan pengaduan yang diterimanya.
Ketua Komisi Kejaksaan RI, Prof. Pujiono Suwandi mengungkapkan, Komisi Kejaksaan RI menjalakan tugas sesuai dengan Peraturan Presiden RI Nomor 18 tahun 2011 tentang Komisi Kejaksaan RI yaitu melakukan pengawasan, pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan perilaku jaksa dan pegawai Kejaksaan dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya yang diatur dalam peraturan perundang-undangan dan kode etik baik di dalam maupun di luar tugas kedinasan; dan melakukan pemantauan dan penilaian atas kondisi organisasi, tata kerja, kelengkapan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia di lingkungan Kejaksaan.

Pujiono mengatakan, tugas KKRI di antaranya membuat Laporan tiap Triwulan kepada Presiden sebagai pelaksanaan amanat Pasal 24 Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2011. Laporan tersebut dibahas bersama dalam pleno.

“Pada Triwulan I tahun 2024 ini, Januari 2024 sampai dengan 18 Maret 2024, KKRI telah menerima 164 Laporan pengaduan,” ujarnya.

Pujiono menjelaskan, Komisi Kejaksaan RI tiap hari menerima laporan pengaduan yang dapat dilakukan secara langsung maupun media elektronik seperti surat elektronik dan telepon. “tentunya ada mekanisme laporan dan tindak lanjut laporan pengaduan,” ujarnya.
Hadir dalam rapat pleno tersebut semua anggota KKRI yaitu; Pujiyono Suwandi, Babul Khoir, Muhammad Yusuf, Heffinur, Nurwinah, Dahlena, Rita Serena Kolibonso, Diah Srikanti dan Nurokhman. (K24)

Avatar
About the author

Leave a Reply

4 × 5 =