Penyusunan Laporan Triwulan IV Tahun 2016

Penyusunan Laporan Triwulan IV Tahun 2016

Penyusunan Laporan Triwulan IV Tahun 2016

Komisi Kejaksaan membentuk tim khusus untuk menindaklanjuti pengaduan dari Boyamin Saiman. Boyamin adalah pengacara terpidana vonis mati Suud Rusli. Dia mengadukan jaksa ke Komisi Kejaksaan, Jumat, 5 Agustus 2016.

Boyamin melaporkan jaksa eksekutor pidana mati dan atasannya yang memerintahkan eksekusi hukuman mati kepada empat terpidana di Nusakambangan, Jawa Tengah, Jumat dini hari, 29 Juli 2016.

“Kami akan menelaah dan mengklarifikasi ke berbagai pihak sebelum mengeluarkan rekomendasi,” kata anggota Komisi Kejaksaan Indro Sugianto melalui pesan WhatsApp, Sabtu, 6 Agustus 2016.

Indro mengatakan pembentukan tim khusus adalah prosedur tetap di lembaganya. “Terhadap pengaduan yang dinilai sangat penting akan dibentuk tim khusus untuk mengkaji dan menelaah secara lebih mendalam dan komprehensif,” ujarnya.

Indro menjelaskan tim ini terdiri dari tiga komisioner didukung sekretariat dan kelompok kerja. Menurut Indro, tim ini bukan hanya mengkaji sah tidaknya eksekusi mati jilid III, tapi juga mengkaji perlindungan hak hukum semua terpidana terkait dengan hak grasi dan upaya hukum luar biasa lainnya sebagaimana putusan Mahkamah Konstitusi.