Sepanjang 2015 Jatim Urutan Tertinggi “Adukan” Kinerja Kejaksaan

RRI, Surabaya : Komisi Kejaksaan Republik Indonesia (KKRI) selama kurun waktu tujuh bulan telah menerima banyak pengaduan dari masyarakat terkait perilaku Jaksa dan pegawai Kejaksaan. Menurut Komisioner KKRI Indro Sugianto, Sabtu (5/9/2015) berdasarkan rekapitulasi yang dilakukannya Provinsi Jawa Timur termasuk dalam urutan tertinggi pelaporan dari masyarakat soal kinerja Kejaksaan.

“Mulai bulan Januari-Juli 2015 setidaknya ada 64 pengaduan yang diterima oleh Komisi Kejaksaan dari masyarakat Jawa Timur,” ungkapnya.

Dari 64 pengaduan itu, 20 diantaranya kata Indro adalah tentang pengaduan kinerja Jaksa dalam melakukan penanganan perkara dana hibah yang melibatkan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur.

Indro menambahkan, tingginya pengaduan yang diterima oleh Komisi Kejaksaan ini tidak lepas dari dinamika hukum yang terjadi di masyarakat.

Selain Jawa Timur, jumlah aduan yang paling banyak diterima oleh Komisi Kejaksaan berasal dari DKI Jakarta disusul kemudian Jogya. Sementara masyarakat pengadu ujar Indro, masih didominasi oleh masyarakat perkotaan. (dp/rpp)

http://www.rri.co.id/post/berita/197348/hukum_-_ham/sepanjang_2015_jatim_urutan_tertinggi_adukan_kinerja_kejaksaan.html

Yanis Andrea
About the author