Sosialiasai Komisi Kejaksaan di Fakultas Hukum UNRAM

Pada tanggal 11 Oktober 2016 Komisioner Komisi Kejaksaan R.I. melakukan Sosialisasi Peranan Tugas Fungsi dan Wewenang Komisi Kejaksaan RI di Fakultas Hukum Universitas Mataram. Kegiatan ini diikuti oleh Pimpinan Fakultas Hukum dan dosen dari beberapa jurusan.
Dalam kegiatan ini, Wakil Ketua Komisi Kejaksaan Erna Ratnaningsih, SH, L.LM memaparkan tugas pokok dan fungsi KKRI, sekaligus menjelaskan tentang bagaimana menyampaikan laporan pengaduan masyarakat ke Komisi Kejaksaan. Selain itu, Komisi Kejaksaan juga mengharapkan adanya kerjasama dengan Fakultas Hukum UNRAM dalam mengawasi kinerja Kejaksaan. Wakil Ketua KKRI menyadari, keberadaan KKRI belum banyak diketahui oleh masyarakat, bahkan dikalangan perguruan tinggi. Oleh karena itu, setiap melakukan kunjungan ke daerah, KKRI selalu menyempatkan diri berkunjung ke Fakultas Hukum untuk lebih mendekatkan KKRI dengan masyarakat.
Dekan Fakultas Hukum UNRAM Dr. H. Lalu Husni SH, M,Hum dan para dosen menyambut baik kedatangan Tim dari Komisi Kejaksaan, dan sangat mengharapkan terjalinnya kerjasama antara Fakultas Hukum dan KKRI.Kerjasama dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan misalnya seminar, penelitian, pemantauan dan lain sebagainya. Fakultas Hukum UNRAM siap membantu mensukseskan pengawasan oleh KKRI. Para peserta mengharapkan agar KKRI dapat bekerja secara optimal dalam mengawal kinerja Kejaksaan, karena hanya dengan cara itu kepercayaan masyarakat terhadap proses penegakan hukum akan meningkat.
Dalam sesi Tanya jawab, KKRI menerima pengaduan atau informasi dari peserta, tentang adanya Jaksa atau Pegawai Jaksa yang melakukan tindakan asusila kepada Terdakwa, sehingga berujung kehamilan. Peserta mempertanyakan bagaimana kelanjutan kasusnya, apakah ada tindakan tegas kepada yang bersangkutan.
Dalam kesempatan kunjungan ini, KKRI langsung mengkonfirmasi adanya informasi dari masyarakat tersebut kepada Kepala Kejati NTB. Berdasarkan informasi dari Kejati, bahwa betul adanya peristiwa tersebut, dan Kejati sudah melakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan, dan telah diberikan hukuman/sanksi atas tindakan tersebut. Kejati NTB berjanji akan mengirimkan hasil Laporan Pemeriksaannya kepada KKRI. ***

Yanis Andrea
About the author

Leave a Reply

5 + two =