Sosialisasi Komisi Kejaksaan di Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Pada hari Senin, tanggal 15 Agustus 2016, Komisi Kejaksaan RI bekerjasama dengan Fakultas Hukum UNNES Semarang menggelar kegiatan sosialisasi tentang Komisi Kejaksaan RI. Bertempat di Aula pertemuan Fakultas Hukum UNNES, kegiatan ini diikuti oleh pimpinan dan staf Fakultas Hukum, dosen fakultas hukum dan mahasiswa.
Dekan FH UNNES menyambut baik kunjungan kerja KKRI di FH UNNES, dan berharap akan ada kerjsama berkelanjutan baik dalam rangka pendidikan mahasisa melalui program magang, penelitian, ataupun eksaminasi terhadap produk-produk kejaksaan. Fakultas Hukum Unnes mendukung sepenuhnya upaya-upaya KKRI untuk mengawasi kinerja Kejaksaan.
Dalam kegiatan ini, KKRI yang diwakili oleh Pultoni, SH, MH memaparkan sejarah berdirinya KKRI, tugas dan wewenang KKRI, serta kinerja KKRI. Komisi Kejaksaan juga memaparkan tentang tatacara pelaporan, dan pentingya kerjasama Antara KKRI dan Fakultas Hukum untuk meningkatkan kinerja Kejaksaan.
Para peserta memberikan apresiasi terhadap Kehadiran KKRI. Peserta memandang peran KKRI sangat strategis dan memiliki tugas dan wewenang yang sangat kuat dalam mengawasi kinerja Kejaksaan. KKRI harus memberikan kepastian terhadap setiap laporan yang disampaikan masyarakat, untuk menjaga kepercayaan terhadap lembaga pengawas ekternal. Kepastian dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat sangat berpengaruh terhadap penilaian masyarakat terhadap KKRI.
Peserta juga mengharapkan agar KKRI mengoptimalkan kerjasama dengan jaringan dalam mengawasi kinerja Kejaksaan. Fakultas hukum menjadi salah satu jaringan yang sangat strategis untuk meningkatkan kinerja kejaksaan.***

Yanis Andrea
About the author

Leave a Reply

ten − 2 =